Langsung ke konten utama

Resume Chapter 6 Menarik Pembeli dengan Teknologi Penelusuran, Semantik dan Rekomendasi

Semantic Search adalah proses mengambil informasi yang digunakan oleh mesin pencari untuk memberikan hasil pencarian yang paling relevan. Jadi, semantic search ini berfokus pada apa arti makna dalam pencarian untuk kata kunci yang diketik pengguna dalam pencarian.

Penggunaan Teknologi Pencarian untuk Bisnis
  • Mesin Pencari : sebuah alat untuk menemukan halaman web atau konten lain, misal dokumen, file media pada jaringan komputer. Contoh Mesin Pencari : Google, Bing, Yahoo.
  • Spider atau disebut crawler adalah program komputer kecil yang dirancang untuk melakukan tugas otomatis dan berulang dalam internet.
  • Direktori Web adalah daftar kategori halaman web yang dibuat dan dipelihara oleh seseorang, contohnya direktori populer Best of The Web (Best of The Web).
  • Mesin pencari  hybrid adalah menggabungkan hasil direktori yang dibuat oleh manusia dan hasil dari mesin dengan tujuan menambah akurasi dan jangkauan internet lebih luas.
  • Mesin pencari meta adalah mengumpulkan hasil dari mesin pencari lain membuat daftar dengan menggabungkan hasil dari Google, Yandex.
  • Mesin Pencari semantik adalah untuk mencari informasi berdasarkan sifat atau konten dari web, bukan pencocokan keyword sederhana. Tujuan meningkatkan keakuratan dan kegunaan hasil pencarian.
Peran Teknologi Pencarian
  • Mencari informasi dalam organisasi.
  • Menyajikan informasi kepada user tanpa meminta untuk melakukan pencarian aktif.
  • dapat ditemukan oleh konsumen/user di web.
  • Menemukan informasi bisnis penting secara online.
SEM atau Search Engine Marketing adalah strategi pemasaran dan taktik yang mempromosikan merek dengan meningkatkan visibilitas di SERP melalui pengoptimalan dan periklanan. SEM mengintegrasikan 3 strategi yaitu pengoptimalan mesin pencarian (SEO), bayar per klik (PPC), pengoptimalan media sosial (SMO).
Tujuan SEO adalah membantu organisasi meningkatkan lalu lintas ke situs web.
Faktor Popularitas yang digunakan oleh Mesin Pencari yaitu :
  • Indikator Media sosial
  • Lalu lintas situs
  • Tercantum di direktori web
  • Reputasi di ulasan situs
  • PageRank dari situs yang mengandung backlink
  • Faktor halaman
Inbound Marketing adalah sebuah pendekatan pemasaran yang menekankan SEO, konten pemasaran dan strategi media sosial untuk menarik pelanggan.
Pemasar masuk dengan konten yang informatif, berguna atau menghibur. Teknik pemasaran didasarkan pada strategi yang mengintegrasikan konten, SEO dan taktik media sosial.
Web Semantik adalah kemampuan dimana komputer dapat menginterpretasikan makna konten dengan menggunakan metadata.

Bahasa Web 3.0
resource description framework (RDF), Web ontology language (OWL), and SPARQL (simple protocol and RDF query language)
Pencarian Semantik adalah pencarian arti atau makna kata dan kalimat bukan berdasarkan kata kunci atau frasa.
Fitur-fitur pencarian semantik :
  • Pencarian / Query terkait
  • Hasil referensi
  • Hasi yang dianotasi secara semantik
  • Pencarian kesamaan teks
  • Telusuri anotasi
  • Pencarian konsep
  • Pencarian berbasis antologi dan web semantik
  • Pencarian berbagai segi dan pengelompokkan
  • Pencarian dengan bahasa alami
Situs web yang dioptimalkan dengan teknologi semantik menghasilkan metadata yang lebih kaya, daftar yang lebih menarik di SERP.

Mesin Rekomendasi secara proaktif mengidentifikasi produk yang memiliki probabilitas tinggi untuk konsumen apa yang dibeli. 3 Pendekatan untuk membuata pencarian rekomendasi :
- Penyaringan berbasis konten yang dituju
- Penyaringan kolaboratif
- Strategi Hybrid ada 4 yaitu : Hybrid berbobot, Hybrid campuran, Hybrid bertingkat, Hybrid  mensenyawakan.

Penyaringan berbasis konten


Penyaringan Kolaboratif



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Chapter 7 Jejaring Sosial, Keterikatan dan Matrik Sosial

  Istilah Web 2.0 digunakan untuk menggambarkan fase evolusi World Wide Web dengna ciri halaman yang dinamis, media sosial, aplikasi mashup, konektivitas broadband dan konten buatan pengguna. Banyak perusahaan yang telah memanfaatkan potensi teknologi Web 2.0 dan munculnya budaya sosial yang menjadi modern. Web 2.0 mulai ada pada tahun 2003. WWW sebagai platform layanan interaksi sosial. Media sosial adalah sekumpulan aplikasi Web 2.0, agar manusia bisa terhubung dan berkolaborasi melalui konten digital bersama pengguna lain. Home Wireless Network untuk menghubungkan beberapa perangkat ke internet mulai dari komputer, tablet, sistem video game dan streaming video. Penggunaan teknologi sosial untuk bisnis : Untuk kolaborasi Komunikasi dan keterlibatan pelanggan sebagai pemasaran Manajemen Citra dan Reputasi Komunikasi dan keterlibatan karyawan dan Mitra Akuisisi dan perekrutan bakat (SDM) Riset dan Manajemen Pengetahuan Produktivitas dan Utilitas Informasi Penggalangan Dana untuk kemanu