Langsung ke konten utama

Resume Chapter 3 Manajemen Data



Manajemen data adalah suatu kegiatan manajerial yang menggunakan teknologi sistem informasi dalam menjalankan tugas mengelola data agar bisa memenuhi keperluan informasi yang diperlukan oleh seluruh stakeholder.
Manajemen data memastikan seluruh data secara faktuall, akurat, aman dan tersedia untuk semua pihak yang memiliki kepentingan. Kegiatan ini dilakukan agar bisa mengumpulkan, menyimpan dan juga menggunakan data secara aman, hemat biaya dan juga lebih efisien. Data mampu membantu perusahaan dalam mengambil keputusan bagi pihak manajemen perusahaan jika disajikan dan juga diolah secara tepat. Untuk individu atau perusahaan, manajemen data mampu membantu dan juga memaksimalkan penggunaan data dalam batas kebijakan dan juga regulasi yang nantinya bisa digunakan untuk mengambil kebijakan secara tepat.

Fungsi Manajemen Data yaitu : 
  1. Untuk kegiatan pengumpulan data yang akan dicatat dalam sumber dokumen akan diinput di dalam sebuah sistem.
  2. Pemeliharaan data yang ada pada setiap data yang baru diinput, data yang diubah, dan data yang dihapus harus dilakukan jika data tersebut sudah tidak lagi dibutuhkan, tujuannya adalah agar bisa tetap up to date.
  3. Integritas dan pengajuan data dilakukan agar bisa memastikan tingkat keakuratannya dengan berdasarkan peraturan yang sebelumnya sudah ditentukan.
  4. Keamanan data digunakan untuk mencegah data agar tidak hancur, rusak dan juga disalahgunakan.
Sistem dan Teknik untuk Manajemen Data : 
  1. DBMS (Sistem pertama yang bisa digunakan untuk data management adalah database management system, terutama relational DBMS.
  2. Integrasi Data (proses penerimaan berbagai macam tipe data. Pengumpulan informasi sampai pemrosesannya, data-data tersebut akan “diubah” sehingga dapat diakses dengan mudah.)
  3. Big Data Management (Dalam big data management, fokus utamanya adalah penyimpanan dan pemrosesan data secara efisien dan aman.)
  4. Analisis Data (Analisis ditujukan untuk mencari tahu insight atau wawasan baru seputar data. Proses ini menggunakan analyticsmachine learning, serta visualisasi AI (artificial intellegence) untuk membangun sebuah model.)
Data Warehouse mengintegrasikan data dari beberapa database dan file data, dan mengaturnya untuk analisis kompleks, penemuan pengetahuan, dan untuk mendukung pengambilan keputusan.
Data warehouse skala kecil yang mendukung satu fungsi atau satu departemen. Perusahaan yang tidak mampu berinvestasi dalam pergudangan data dapat memulai dengan satu atau lebih data mart.
Alat dan teknik memproses data dan melakukan analisis statistik untuk wawasan dan penemuan—yaitu, untuk menemukan hubungan yang bermakna dalam data, tetap mendapat informasi secara real time, mendeteksi tren, dan mengidentifikasi peluang dan risiko.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Chapter 7 Jejaring Sosial, Keterikatan dan Matrik Sosial

  Istilah Web 2.0 digunakan untuk menggambarkan fase evolusi World Wide Web dengna ciri halaman yang dinamis, media sosial, aplikasi mashup, konektivitas broadband dan konten buatan pengguna. Banyak perusahaan yang telah memanfaatkan potensi teknologi Web 2.0 dan munculnya budaya sosial yang menjadi modern. Web 2.0 mulai ada pada tahun 2003. WWW sebagai platform layanan interaksi sosial. Media sosial adalah sekumpulan aplikasi Web 2.0, agar manusia bisa terhubung dan berkolaborasi melalui konten digital bersama pengguna lain. Home Wireless Network untuk menghubungkan beberapa perangkat ke internet mulai dari komputer, tablet, sistem video game dan streaming video. Penggunaan teknologi sosial untuk bisnis : Untuk kolaborasi Komunikasi dan keterlibatan pelanggan sebagai pemasaran Manajemen Citra dan Reputasi Komunikasi dan keterlibatan karyawan dan Mitra Akuisisi dan perekrutan bakat (SDM) Riset dan Manajemen Pengetahuan Produktivitas dan Utilitas Informasi Penggalangan Dana untuk kemanu

Resume Chapter 6 Menarik Pembeli dengan Teknologi Penelusuran, Semantik dan Rekomendasi

Semantic Search adalah  proses mengambil informasi yang digunakan oleh mesin pencari untuk memberikan hasil pencarian yang paling relevan . Jadi, semantic search ini berfokus pada apa arti makna dalam pencarian untuk kata kunci yang diketik pengguna dalam pencarian. Penggunaan Teknologi Pencarian untuk Bisnis Mesin Pencari : sebuah alat untuk menemukan halaman web atau konten lain, misal dokumen, file media pada jaringan komputer. Contoh Mesin Pencari : Google, Bing, Yahoo. Spider atau disebut crawler adalah program komputer kecil yang dirancang untuk melakukan tugas otomatis dan berulang dalam internet. Direktori Web adalah daftar kategori halaman web yang dibuat dan dipelihara oleh seseorang, contohnya direktori populer Best of The Web ( Best of The Web ). Mesin pencari  hybrid adalah menggabungkan hasil direktori yang dibuat oleh manusia dan hasil dari mesin dengan tujuan menambah akurasi dan jangkauan internet lebih luas. Mesin pencari meta adalah mengumpulkan hasil dari mesin pen