Langsung ke konten utama

Ide Bisnis Digital

 Affiliate Marketing

            Affiliate Marketing itu adalah usaha seseorang yang menjual produk tanpa harus memiliki barang tersebut, namun disisi Affiliate Marketing ini, penjualan produk hanya dilakukan dengan cara mempromosikan produk tersebut kepada banyak orang. Jika seseorang pelaku Affiliate Marketing berhasil mempromosikan dan promosi barang tersebut terjual maka Affliate Marketing tersebut akan mendapatkan komisi dari hasil penjualan yang dipromosikan kepada pembeli.

Gambar 1 Affiliate Marketing

            Sistem Affiliate Marketing sendiri dengan membayar jasa seseorang jika produk tersebut berhasil dijual kepada pembeli dengan cara mempromosikan produk tersebut. Seperti contohnya pengguna akun sosia media Tiktok mempunyai puluhan ribu pengikut, maka pengguna akun tersebut mempromosikan barang untuk dibeli orang lain, jika berhasill maka si pengguna akun tersebut mendapatkan komisi dari hasil penjualan tersebut.


Analisis SWOT
    
  •     Strengths / Kekuatan : Mendapatkan passive income jika sudah pernah membuat video promosi dan sedang tidak membuat video promosi nantinya bisa jadi akan tetap dibeli dari hasil video penjualan yang dipromosikan, Tidak memerlukan modal sama sekali, hanya membutuhkan keterampilan, perangkat selular dan internet, Bisa kerja dimana saja.
  • Weakness / Kelemahan : Penghasilan berasal dari komisi penjualan jadi pendapatan tidak menentu / tidak tetap (bisa berubah-ubah), Harus bersaing dengan affiliate lain, jika affiliator semakin banyak maka pesaing akan semakin banyak dan semakin sulit untuk bersaing dengan affiliator lain.
  • Opportunities / Peluang : Kemungkinan bisa menjadi terkenal karena mempromosikan barang di media sosial dan juga memiliki keterampilan dalam menjual produk ke orang lain bisa menaikkan traffic penjualan produk affiliate, Mendapatkan lebih banyak pendapatan dari komisi penjualan.
  • Threats / Ancaman : Bisa jadi menjadi affiliate itu banyak orang yang ingin menjatuhkan usaha seorang affiliate, Berpotensi mendapat perlakuan hate comment di video promosi jika pernah mendapat suatu kesalahan tanpa disengaja

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Chapter 7 Jejaring Sosial, Keterikatan dan Matrik Sosial

  Istilah Web 2.0 digunakan untuk menggambarkan fase evolusi World Wide Web dengna ciri halaman yang dinamis, media sosial, aplikasi mashup, konektivitas broadband dan konten buatan pengguna. Banyak perusahaan yang telah memanfaatkan potensi teknologi Web 2.0 dan munculnya budaya sosial yang menjadi modern. Web 2.0 mulai ada pada tahun 2003. WWW sebagai platform layanan interaksi sosial. Media sosial adalah sekumpulan aplikasi Web 2.0, agar manusia bisa terhubung dan berkolaborasi melalui konten digital bersama pengguna lain. Home Wireless Network untuk menghubungkan beberapa perangkat ke internet mulai dari komputer, tablet, sistem video game dan streaming video. Penggunaan teknologi sosial untuk bisnis : Untuk kolaborasi Komunikasi dan keterlibatan pelanggan sebagai pemasaran Manajemen Citra dan Reputasi Komunikasi dan keterlibatan karyawan dan Mitra Akuisisi dan perekrutan bakat (SDM) Riset dan Manajemen Pengetahuan Produktivitas dan Utilitas Informasi Penggalangan Dana untuk kemanu

Resume Chapter 6 Menarik Pembeli dengan Teknologi Penelusuran, Semantik dan Rekomendasi

Semantic Search adalah  proses mengambil informasi yang digunakan oleh mesin pencari untuk memberikan hasil pencarian yang paling relevan . Jadi, semantic search ini berfokus pada apa arti makna dalam pencarian untuk kata kunci yang diketik pengguna dalam pencarian. Penggunaan Teknologi Pencarian untuk Bisnis Mesin Pencari : sebuah alat untuk menemukan halaman web atau konten lain, misal dokumen, file media pada jaringan komputer. Contoh Mesin Pencari : Google, Bing, Yahoo. Spider atau disebut crawler adalah program komputer kecil yang dirancang untuk melakukan tugas otomatis dan berulang dalam internet. Direktori Web adalah daftar kategori halaman web yang dibuat dan dipelihara oleh seseorang, contohnya direktori populer Best of The Web ( Best of The Web ). Mesin pencari  hybrid adalah menggabungkan hasil direktori yang dibuat oleh manusia dan hasil dari mesin dengan tujuan menambah akurasi dan jangkauan internet lebih luas. Mesin pencari meta adalah mengumpulkan hasil dari mesin pen